Kamis, 08 Desember 2011

Renungan - Pensil

Jagoan Kristus, mengapa kita dapat menulis dengan menggunakan pensil? Nah, simak baik-baik penjelasan berikut ini. Di dalam pensil terdapat grafit. Grafit adalah salah satu jenis mineral yang berwarna hitam. Mineral ini banyak ditemukan di bebatuan pada pegunungan. Grafit mengandung unsur karbon dan bersifat lunak. Tulisan yang timbul jika kita menggunakan pensil disebabkan oleh grafit tadi.

Sebaiknya, apakah yang kita lakukan jika kita salah menulis di kertas? Tentu saja kita akan menghapusnya dengan penghapus. Penghapus terbuat dari material keras seperti karet. Nah, karet penghapus itu keras maka friksi (gesekan) yang ditimbulkan  adalah tinggi jika didorong  di atas kertas. Itulah sebabnya partikel grafit yang lunak mudah dihilangkan dengan menekan karet penghapus di atas tulisan.

Jagoan Kristus, jika kita sering diejek, ditertawakan dan dihina tanpa alasan, segera hapus kesalahan si pengejek. Artinya kita harus segera mengampuni kawan, saudara, keluarga, guru, atau orang lain yang suka mengejek kita. Jangan menyimpan kemarahan karena nanti dapat menimbulkan akar pahit. Jika kita terus menyimpan kesalahan orang, kita akan menjadi seorang pedendam. Sikap dan perbuatan seorang pendendam nantinya akan menyakiti diri sendiri dan orang lain. Lalu, bagaiman bila kita merasa disakiti orang lain? Bawalah permasalahan kita kepada Bapa di surga. Curahkan seluruh kesedihan dan kemarahan kita kepadaNya. Jangna berniat membalas dendam. Percayalah bahwa Tuhan sanggup membela kita. Ampunilah orang itu dan berdoalah agar ia bisa berubah. Dengan cara itulah kita meniru teladan Tuhan Yesus yang telah mengampuni kita.

Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa; janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis. (Efesus 4 : 26 - 27).

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Eagle Belt Buckles